Di Balik RumahAccess.com

RumahAccess diprakarsai oleh Haer Talib, penerima MVP (Microsoft Most Valuable Professional) Award dalam bidang Office Access (2006, 2007), Access Developer, Penulis Buku-buku Access, dan Moderator beberapa milis/group Access berbahasa Indonesia.

Dalam kiprahnya bergelut dengan Access, Haer menemukan kenyataan bahwa:
  • Banyak pemakai Microsoft Office tidak bisa menggunakan Access hanya karena tidak mengetahui bagaimana memulai menggunakan aplikasi database tersebut.
  • Banyak buku-buku Access yang diterbitkan, namun penyampaian materi belajarnya masih melingkar-lingkar pada hal umum yang tidak menuntun pembacanya untuk memahami Access secara komprehensif.
  • Semakin banyak anggota milis/group yang perlu "tempat dan cara" belajar yang bisa menghemat waktu mereka, sehingga bisa segera mulai menggunakan Access dalam pekerjaan secara profesional.
  • Banyak profesional dan "master" Access yang senang membagi ilmu, namun masih terbatas pada milis/group. Untuk itu perlu "tempat" dimana mereka bisa lebih mengaktualisasikan diri dan bertemu dengan mereka yang sedang belajar, atau bertemu dengan organisasi yang sedang membutuhkan konsultansi.

RumahAccess dibentuk sebagai wadah atau lembaga untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan di atas. Langkah pertama yang diambil adalah menerbitkan e-Bulletin sebagai media informasi tentang Access dan RumahAccess. Selanjutnya dilakukan penerbitan buku-buku Access yang memenuhi harapan (bekerja sama dengan lembaga penerbit yang sudah ada), dan menyelenggarakan training-training Access (bekerja sama dengan lembaga training yang sudah ada).

RumahAccess tentu tidak akan bisa berjalan sendiri dengan motor seorang MVP saja, namun terus menggalang kerja sama dengan para "master" Access yang ada di Indonesia maupun dunia. Untuk itu, uluran tangan siapapun akan selalu disambut dengan senang hati. Mudah-mudahan, dunia pengembangan aplikasi database menggunakan Microsoft Office Access bisa lebih bergairah lagi di Indonesia.

Tidak ada komentar: