Sedikit Sentuhan Pada Aplikasi Access


Oleh: Lusky Kurniawan

Sebenarnya bukanlah hal baru kalau ada developer yang "memandang sebelah mata" terhadap kemampuan Microsoft Access. Bahkan, seringkali kemudahan - kemudahan yang ditawarkan Microsoft Access dijadikannya sebagai bahan "ejekan" bagi pelakunya. Sepertinya Access hanya dianggap sebagai "mainan". Tentu saja hal ini seringkali membuat hati saya menjadi "panas". Terlebih beberapa hari yang lalu, ketika seorang developer "lain" meremehkan Access didepan saya. Sungguh, saya merasa sangat tidak simpatik. Akhirnya, saya terpaksa mendemonstrasikan sedikit aplikasi yang saya bisa. Apa yang terjadi?????

Allaahu Akbar ! Hal hasil, sang developer "lain" pun terbelalak melotot seakan tak percaya. Untung saja icon Access belum saya ganti sehingga lebih meyakinkan bahwa aplikasi tersebut memang Microsoft Access.

Berbicara tentang Access, memang menjadi kesenangan tersendiri bagi saya. Mungkin juga bagi developer access atau pun peminat Access yang lainnya. Access memang bukanlah seperti aplikasi lain yang "mandiri" dan "powerfull". Namun, dengan eksistensinya yang merupakan bagian dari paket Microsoft Office, kemampuan Access dalam pengolahan database patut diacungkan jempol. Dengan segala kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan, telah menjadikan Access diatas "angin".

Bagi saya, tujuan pembuatan aplikasi Access tidaklah selalu dinilai dari banyaknya pemrograman pada area VBA. Tetapi lebih dari fleksibilitasnya dalam menjawab persoalan yang ada. VBA hanyalah sarana pendukung saja. Namun demikian, tetaplah penting perannya dalam mengoptimalkan aplikasi yang dibuat. Terutama untuk suatu kasus yang memang harus dipecahkan olehnya.

Dalam membangun aplikasi Access, ada sedikit tip yang selayaknya tidak diabaikan begitu saja. Yaitu memberikan "sentuhan" pada setiap aplikasi yang kita buat. Dengan sedikit "sentuhan" tadi, dapat menambah nilai jual pada aplikasi tersebut. Dan membuat user, semakin 'betah" dalam menggunakannya. Sentuhan disini dapat diartikan sebagai keindahan tampilan (interface), kemudahan penggunaan alur program dan lain sebagainya. Dengan demikian, menjadi lebih sempurnalah aplikasi Access yang kita buat.

Selamat Berkarya !

22 komentar:

see'get mengatakan...

ya ,
jgn menganggap remeh access temen2x
begitu menghanyutkan software ini ...
saya jg sering mendengar komentar2x seperti ini ...
jgn sampai anda dihanyutkan lg ...
buruan belajar sekarang ...
membuat aplikasi database kompleks begitu mudah secepat angin :D

rgds
see'get

Anonim mengatakan...

Kami sudah membuktikan access dapat dibangun untuk aplikasi ERP dan diimplementasikan untuk user di atas 150 concurrent user lewat jaringan wide area network / VPN dan berhasil dengan baik.


Rgds
Andi

Machasin mengatakan...

saya pendatang baru dalam program access, bagaiman cara mendesain access agar lebih cantik spt itu pak?
machasin@yahoo.com

blogpolos mengatakan...

saya adalah seorang programmer ms-access. dibilang sejati sih tidak juga, tapi dari sekitar 150 software yang saya buat untuk klien saya sejak kuliah, 130-an saya buat di ms-access.
pokoknya rapid programming ya pake access... dari program teknik sampai akuntani gak masalah. backend pake sql server, mysql, fbird, dbf dll no problem. ingat untuk bunuh semut gak perlu pake rudal atau santet, cukup pake sapulidi. selamat rumahaccess.com thanks buat foundernya. best regards - budi.

sasdanu mengatakan...

kalo cuman 150 mungkin bisa gak ada maslah.
Tapi kalo udah ratusan ribu, dan jutaan?

Anonim mengatakan...

nice pak nice.... top dah... kalo bisa bagi-bagi ilmunya...

Eyoung mengatakan...

nice !!

rahmat mengatakan...

saya baru saja mendapat komentar dari seorang programer yg akan menyempurnakan program yg sy buat dg program yg dibuat dngn VB "bahwa program yang saya buat dangan acces sudah ketinggal zaman (karena program itu dibuat dgn access)", tetpi ketika sy bertanya kepada yg pakai program mau pakai program yg dibuat dengan bahasa yg paling canggih tapi merepotkan user n sering eroor atau yng dibuat dengan program kuno tapi hasil lebih baik???
tidak menjawab tp dia sudah melihat hasilnya

sam mengatakan...

tolong donk pak ajarin bikin penelusuran buku lewat access saya pernah belajar ternyata pake VBA,
mohon source codenya

raka mengatakan...

acces cukup ok... untuk dipakai bekerja ....Suerr

cucu mengatakan...

Ruang Tanya Jawabnya mana ... saya penggemar access, tapi bukan berarti saya bisa. Boleh dong kita konsultasi seputar access.

cucusyaefullah@gmail.com

Lusky Kurniawan mengatakan...

Informasi tentang penulis dapat dilihat di www.flusinfo.co.cc dan www.privat-access.webs.com

Thanks atas kritik dan sarannya pada artikel ini. Ayooo tetap semangat dalam berkarya...

surya mengatakan...

mas/pak semuanya deh aku salah satu yang suka dengan acces tapi banyak yang kurang boleh tanya kan gmn yah buat stok kontrol acces,maksunya kalu ada pembelian barang stok bertambah tapi kalau ada penjulan barang stok berkurang tolong niiih hehehe kirim ke farel_alfikri@yahoo.com

Rian Wijaya mengatakan...

Sumpeh,,, Saya baru bljar Acces abru2 ini,,,, gak kalah kok saamalh promram lain.... maju teru

daniani mengatakan...

Yang jelas access sudah menghasilkan banyak uang buat saya. Program2 yg saya buat, sebagian adalah untuk mengganti program2 yang tidak berjalan lancar, yang kebetulan bukan dibuat dengan access. Pertama mereka memicingkan mata, selanjutnya keenakan. Saya tidak mengerti istilah2 database maupun pemrogramam, karena saya lulusan Sosek Pertanian UNPAD. Sangat jauh untuk dikatakan sudah mahir, tapi setidaknya saya punya gambaran mengenai access menurut pribadi saya, baik kelebihan maupun kekurangannya. Silahkan lihat di http://accessmania.wordpress.com.

Anonim mengatakan...

Sipp bos.....saya telah aplikasikan di kantor saya dan hasilnya OK............cuman ada sedikit keraguan dihati kecil saya mampukan program ini bersaing dengan bahasa pemrograman yang canggih..????

niendra - el solutions mengatakan...

mantabb..alhamdulillah dengan program access yg saya buat juga mampu menghasilkan pendapatan tambahaaann...he he jgn anggap remeh access

Yan mengatakan...

Saya sudah mendevelop beberapa aplikasi pake Access: Inventory, Sistem Informasi Personalia, Proses Produksi dan Koperasi. Alhamdulillah banyak rekan di kantor yang terbantu tugas-tugas hariannya. Bisa juga dikombinasikan dengan SQL Server sebagai database dan ASP/ASP.NET untuk membuat output via Web Browser.

diza mengatakan...

saya adalah penggemar ms acces dari dulu hingga sekarang ..., tapi kemampuan saya terbatas dan tidak bisa full action... semoga dengan adanya rumah acces ini memberikan ilmu yang baru bagi saya...

Para Pejuang mengatakan...

Access sudah memberikan saya kemampuan untuk menafkahi anak istri saya dari aplikasi2 yg sya buat..biasanya yg comment access dgn pandangan remeh temeh adalah programmer ba'da sarjana yg justru baru tau access sedengkul..maju terus access...

arjuna mengatakan...

saya lagi menyusun tugas akhir program inventory barang,namun program yang di buat tidak berjalan.saya butuh bantuannya.

elmira rachelia p mengatakan...

as. Wr. kenalkan nama saya jawahir. saya PNS diKementerian Pertanian. Saya sdh lama memakai ms acceess dari versi 2,00 hingga 2013. ada beberpa aplikasin yang saya buat dng ms access dan sudah dipakai diinstansi saya.Memakai Microsoft access tidak perlu belajar bahasa pemprogaman, tetapi banyak2lah memakai logika. Optimalkan Objeck2 sepertin Relation Table, Form, Queri dan Report, fungsi2 seperti Left,right,mid dsb secara maksimal. Tetapi jangan lupa pelajari seikit bahasa VBA sebagai powerfull ms access.