Program MyPustaka

MyPustaka adalah program untuk mengelola data koleksi perpustakaan, terutama perpustakaan pribadi, perpustakaan sekolah, perpustakaan kantor, perpustakaan organisasi, bahkan perpustakaan penyewaan (rental) buku.

Bedanya dengan program GIPustaka, program MyPustaka sangat portable karena databasenya menggunakan file database Microsoft Access. Anda bisa menjalankan program MyPustaka langsung pada Flash Disk (misalnya), asalkan pada komputer sudah terpasang Microsoft Office Access 2003 (atau yang lebih baru). Program GIPustaka menggunakan database SQL Server sehingga tidak bisa dibawa-bawa, dan memang didisain untuk perpustakaan skala besar dan fungsi peminjaman koleksi dan penelusuran koleksi yang lebih lengkap.


DOWNLOAD

Download program MyPustaka bisa dilakukan secara sekaligus atau per file.
  • Untuk download program setup (ukuran file: 2.494 KB, sudah mencakup semua file yang dibutuhkan, termasuk pemasangan shortcut pada menu All Programs dan Desktop, klik di sini).

Untuk download file-file secara sendiri-sendiri (untuk yang koneksi Internet lambat):
File-file di atas ditempatkan dalam sebuah folder (bisa di Flash Disk sehingga bisa dibawa ke mana-mana (terutama file database, karena program akan membaca file database yang berada satu folder dengannya).

CATATAN:
File-file download di atas merupakan update terbaru.
Bagi Anda yang sudah pernah melakukan download, cukup download file program saja (dalam file MyPustaka.zip) untuk me-replace file program yang lama, sehingga data yang sudah dimasukkan masih tetap ada.


FONT

Program MyPustaka menggunakan font Segoe UI yang ramping namun jelas terbaca. Anda perlu menginstal font tersebut agar tampilan MyPustaka seperti yang diharapkan.
Font Segoe UI merupakan bawaan Windows Vista atau Microsoft Office 2007. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di sini.


PETUNJUK PEMAKAIAN / MANUAL

Jika sudah menginstal program (atau mendownload file help), buka file Help bernama MyPustaka.chm untuk melihat keterangan lebih detil. File Help juga bisa diakses dengan menekan F1 di dalam program.

Program MyPustaka bersifat shareware, namun tanpa pembatasan waktu. Pembatasan hanya pada jumlah record data koleksi, yaitu 100 record jika tidak melakukan registrasi. Untuk perpustakaan pribadi dengan jumlah koleksi yang tidak banyak, jumlah 100 record sudah mencukupi. Jadi Anda bisa menggunakan tanpa perlu melakukan registrasi (lihat keterangan lebih lengkap pada file Help).


MANFAATKAN PROGRAM MyPustaka

Anda bisa memberikan program MyPustaka pada teman atau organisasi yang membutuhkannya, atau memasang di website / blog Anda untuk didownload.

Bagi yang sedang belajar membuat program aplikasi dengan Microsoft Access, program MyPustaka bisa dijadikan contoh untuk latihan. Disain interface program cukup baik, efisien, dan ergonomis. Fitur-fitur yang disediakan juga sudah mengikuti standar program aplikasi profesional. Utilisasi klik-kanan dan double-click memberikan kemudahan bagi pemakai program.


INFO TAMBAHAN

Pada MyPustaka, kita bisa memasukkan kategori dan topik buku/koleksi. Di samping itu, jika diperlukan, kita juga bisa memasukkan gambar cover buku (atau gambar koleksi pustaka lainnya), daftar isi buku, dan abstraksi. Pencarian atau penelusuran buku bisa dengan Ctrl+F atau menggunakan fasilitas Filter.

NB: Silahkan memberikan komentar Anda di bawah ini.
Terima kasih.

14 komentar:

Hendro mengatakan...

Makasih Mas Haer Talib, ni saya baru download program panjenengan n blom diinstall. Moga bermanfaat. Tetap semangat di Rumah Access

Noval_mbojo mengatakan...

terima kasih karena telah dibuatnya program ini dan kalau anda pingin program yang lain silahkan kunjungi http://rahasiamahasiswa.blogspot.com blog ini asli punya putra daerah bima/mbojo santabe ta tio pu blog madake

Widie mengatakan...

Wah program yang berguna sekali, tapi bagaimana kalau mau menambahkan record ? koleksi buku saya ada sekitar 300-an buku, belum termasuk koleksi buku suami. saya lihat di file helpnya gak ada keterangan berapa biaya registrasinya.....

Haer mengatakan...

Coba lihat di Help > Registrasi.
Mbak Widie bisa pilih jumlah record yg diinginkan.
Registrasi utk 250 record gak sampe 100rb.

widie mengatakan...

Kalau mau lebih dari segitu gimana mas haer ? misal daftar sekalian 1000 record ? (soalnya saya dan suami punya cita-cita bikin perpustakaan di rumah... )

Lusky Kurniawan mengatakan...

Its Great!!!
Selamat buat Pak Haer. Sy sudah mendownloadnya, namun sy menemukan sedikit celah pd program tsb. Silahkan ditinjau kembali agar lebih secure...

Salam,
Lusky Kurniawan
http://flusinfo.webng.com

doumbojo mengatakan...

pasti banyak yang ingin belajar bahasa pemograman java untuk lebih lanjut silakan kunjungi blog putra mbojo santabeta tio menapu blog anamu ke.........

Anonim mengatakan...

Aplikasi MyPustaka sangat menarik..
saya siswa PKL yang ditugaskan memmbuat aplikasi menggunakan access 2003, kalo berkenan saya minta tutorial untuk membuat aplikasi sejenis My Pustaka... terima kasih

poe_thok@yahoo.co.id

Tubin mengatakan...

Terimakasih atas programnya, tapi saya ingin sekali taucara pembuatannya (baris programnya) boleh ga saya download atau kirim ke email saya mas?
terimakasih atas bantuannya

omjun mengatakan...

terimakasih mas... bisa jadi contoh buat bikin program sejenis di kantor.... sukses selalu ya mas...

khalif mengatakan...

ko eror ya???

klo pake office xpga bisa bukan???

khalif09@gmail.com

rakun mengatakan...

mas.. ada tutorial cara membuat mde kita jadi instalan gak??? kayak mystore ini.. kudu diinstal dulu, dah kayak program aja.... biar keren...

Hendro mengatakan...

keren programnya bagus....

Eunike Ifan mengatakan...

saya klik my pustaka cuma keluar access nya aja tapi ga ada programnya?