Tentang RumahAccess


RumahAccess adalah sebuah "rumah" dimana kita bisa belajar Microsoft Access secara bersama-sama. Rumah adalah tempat kembali, tempat yang nyaman, dan tempat yang paling dekat di hati kita. Dengan demikian, RumahAccess adalah "home" bagi pemakai Access untuk belajar dan membagi ilmu tentang Access.

Sebagai tempat belajar, RumahAccess menyediakan bilik-bilik sebagai berikut:
  • Bilik Training, dimana kita bisa belajar Access di bawah bimbingan guru (instruktur). Bilik Training (class) akan dibuka secara regular maupun event (misalnya by demand).
  • Bilik Pustaka, dimana RumahAccess bekerja sama dengan penerbit, misalnya Elex Media Komputindo, menerbitkan buku-buku Access.
  • Bilik Majalah, dimana RumahAccess secara berkala akan menerbitkan e-Bulletin tentang Access. e-Bulletin ini bisa dibaca pada situs RumahAccess.com dan akan dikirimkan ke pelanggan secara gratis.
  • Bilik Aplikasi, dimana akan disediakan aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan Access, baik yang bersifat Freeware, Shareware, maupun Trialware. Aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan sebagai contoh dalam belajar, dan tentu bisa langsung digunakan dalam aplikasi sehari-hari.
  • Bilik Konsultansi, dimana para "suhu" dan profesional Access memberikan layanan konsultansi bagi masyarakat umum dalam pemakaian dan pengembangan Aplikasi Access.

Bagi Anda pemakai Access tentu patut dan perlu menjadi bagian dari RumahAccess. Paling tidak, silahkan menjadi pelanggan e-Bulletin sehingga Anda menerima setiap rilis yang diterbitkan.

RumahAccess juga menerima karya tulisan Anda tentang Access yang akan dimuat dalam e-Bulletin, atau karya aplikasi Anda untuk direview dan ditayangkan pada situs RumahAccess.com.

Silahkan hubungi kami melalui email admin@rumahaccess.com

Salam,
Admin

Di Balik RumahAccess.com

RumahAccess diprakarsai oleh Haer Talib, penerima MVP (Microsoft Most Valuable Professional) Award dalam bidang Office Access (2006, 2007), Access Developer, Penulis Buku-buku Access, dan Moderator beberapa milis/group Access berbahasa Indonesia.

Dalam kiprahnya bergelut dengan Access, Haer menemukan kenyataan bahwa:
  • Banyak pemakai Microsoft Office tidak bisa menggunakan Access hanya karena tidak mengetahui bagaimana memulai menggunakan aplikasi database tersebut.
  • Banyak buku-buku Access yang diterbitkan, namun penyampaian materi belajarnya masih melingkar-lingkar pada hal umum yang tidak menuntun pembacanya untuk memahami Access secara komprehensif.
  • Semakin banyak anggota milis/group yang perlu "tempat dan cara" belajar yang bisa menghemat waktu mereka, sehingga bisa segera mulai menggunakan Access dalam pekerjaan secara profesional.
  • Banyak profesional dan "master" Access yang senang membagi ilmu, namun masih terbatas pada milis/group. Untuk itu perlu "tempat" dimana mereka bisa lebih mengaktualisasikan diri dan bertemu dengan mereka yang sedang belajar, atau bertemu dengan organisasi yang sedang membutuhkan konsultansi.

RumahAccess dibentuk sebagai wadah atau lembaga untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan di atas. Langkah pertama yang diambil adalah menerbitkan e-Bulletin sebagai media informasi tentang Access dan RumahAccess. Selanjutnya dilakukan penerbitan buku-buku Access yang memenuhi harapan (bekerja sama dengan lembaga penerbit yang sudah ada), dan menyelenggarakan training-training Access (bekerja sama dengan lembaga training yang sudah ada).

RumahAccess tentu tidak akan bisa berjalan sendiri dengan motor seorang MVP saja, namun terus menggalang kerja sama dengan para "master" Access yang ada di Indonesia maupun dunia. Untuk itu, uluran tangan siapapun akan selalu disambut dengan senang hati. Mudah-mudahan, dunia pengembangan aplikasi database menggunakan Microsoft Office Access bisa lebih bergairah lagi di Indonesia.

Sambutan

Wah selamat ya…harapan saya semoga sukses dan dapat terus tumbuh secara konsisten, tidak sekadar muncul lalu hidup segan mati tak mau. Saya percaya Mas Haer dan teman2 dapat menghidupkan Rumah Access.

BM Adam
Redaktur, InfoKomputer

***

Terkait peluncuran lembaga pendidikan RumahAccess yg mas Haer rintis, saya atas nama penerbit Elex Media menyambut baik, apalagi pendirian lembaga ini bertujuan mulia yakni untuk ikut mencerdaskan masyarakat melalui pelatihan (training) Access & penerbitan buletin/buku-buku tentang Access. Harapan saya semoga banyak masyarakat yg tertarik untuk mempelajari Access guna membantu mempercepat pekerjaannya sehari-hari, terutama pekerjaan yg berhubungan dengan database.

Sebagai penerbit yang juga cukup banyak menerbitkan buku-buku Access, mulai Access versi lama hingga versi terbaru saat ini, kami tentu senang sekali apabila bisa bekerjasama dengan RumahAccess. Kami akan dukung dan semoga buku-buku Access yg kami terbitkan pun bisa digunakan sebagai buku pegangan bagi para siswa-siswi yg belajar di lembaga pendidikan ini.

Akhirnya kami ucapkan “selamat & profisiat”. Semoga RumahAccess semakin berkembang & suskes!

Vincent S. Hardoyo
Editor, Elex Media Komputindo

***

RumahAccess – The one-stop vibrant website for all you need to know about Microsoft Office Access in Indonesia! Congratulations on it’s successfully launch!

Lilian Quek
MVP Lead, Southeast Asia

***

“Komunitas berbasis pengetahuan, yang berisi sekumpulan orang dengan ketertarikan yang sama pada satu bidang yang spesifik, adalah fondasi utama dalam ekosistem IT suatu negara. Dengan komunitas seperti ini, eksplorasi terhadap pengetahuan dan penyebarannya menjadi lebih cepat. Fokus terhadap satu teknologi memberikan kedalaman ilmu, dan jika disertai dengan keinginan berbagi, akan melahirkan banyak tenaga ahli di Indonesia. RumahAccess adalah salah satu contoh komunitas yang memiliki fokus teknologi.”

Risman Adnan
ISV Lead, D&PE Microsoft Indonesia
http://geeks.netindonesia.net/blogs/risman


***

“Selaku moderator belajar-access@yahoogroups.com, harapan kami RumahAccess bisa menjadi wadah bagi pengembang MS Access di Indonesia --baik dari tahap pemula sampai yang sudah pakar, programmer berbasis IT ataupun pekerja kantoran yang hobist IT, yang ingin memanfaatkan MS Access sebagai suatu toolkit membantu tugasnya sehari-hari-- ataupun wadah bagi penulis buku–buku tentang MS Access untuk membedah bukunya --jangan hanya sekedar terbit untuk jualan saja tapi benar-benar bisa memberi manfaat bagi kita semua pecinta MS Access.

Penghargaan tinggi saya berikan kepada Haer Talib, yang ‘kagak ada matinye’ berusaha terus memajukan dan mengembangkan kelompok pengguna MS Access di Indonesia.

Semoga RumahAccess benar-benar membawa manfaat besar bagi kita semua, amin.”

Aksan Kurdin
Moderator, belajar-access@yahoogroups.com

***

e-Bulletin RumahAccess

e-Bulletin RumahAccess adalah sebuah bulletin elektronik yang memuat aneka informasi seputar Microsoft Office Access dalam Bahasa Indonesia.

e-Bulletin ini insya Allah akan terbit secara berkala (mudah-mudahan bisa setiap bulan), dan bisa langsung dikirim ke alamat email pelanggan. Tentu saja bulletin juga bisa dibaca pada situs RumahAccess.com.

Saat ini bulletin memiliki rubrik-rubrik sebagai berikut:
  • Info Access, yang berisi informasi yang berkaitan dengan Access yang perlu diketahui pemakai Access (terutama di Indonesia).
  • Artikel Access, yang berisi tulisan lepas/artikel tentang Microsoft Office Access.
  • Komunitas, yang berisi serba-serbi komunitas Access di Indonesia.
  • Tip & Trik, yang berisi aneka tip & trik pemakaian/ pemrograman Access.
Untuk ke depannya, tentu rubrik-rubrik akan semakin diperkaya atau dilengkapi, sesuai dengan aspirasi pembaca.

Tulisan-tulisan pada bulletin bisa tulisan asli atau saduran/terjemahan (dengan menyebutkan sumber). Siapa saja dipersilahkan mengirimkan tulisan untuk dimuat pada bulletin, namun tentu saja tulisan yang dimuat akan dipertimbangkan secara redaksional. Tulisan yang dimuat pada bulletin RumahAccess tentu harus berupa tulisan "matang", tidak sekadar tulisan seperti menjawab pertanyaan di milis.

Untuk berlangganan e-Bulletin RumahAccess, silahkan kirim email kosong ke: rumahaccess-subscribe@yahoogroups.com
(Saat ini anda bisa berlangganan e-Bulletin versi "instan" dengan memasukkan email pada kolom kanan-bawah di situs RumahAccess.com karena e-Bulletin yang sesungguhnya masih dalam tahap disain).

Untuk pengiriman artikel/tulisan, bisa dikirim melalui email ke: redaksi@rumahaccess.com

Untuk urusan administrasi, silahkan kirim email ke: admin@rumahaccess.com

Access 2003 Developer Extensions


Banyak pembaca buku "Membuat Access Project dengan Database SQL Server", karya Haer Talib, penerbit Elex Media Komputindo, 2005, mempertanyakan tentang Access 2003 Developer Extensions.
Artikel tentang software tersebut bisa anda lihat di situs Microsoft, dengan alamat: http://msdn2.microsoft.com/en-us/office/aa905403.aspx.

Software Access 2003 Developer Extensions merupakan bagian dari produk bertajuk "Visual Studio Tools for the Microsoft Office System". Detail produk ini bisa dibaca pada alamat: http://msdn2.microsoft.com/en-us/vstudio/aa718674.aspx.

Kesulitan lain yang dirasakan oleh penanya adalah sulitnya menemukan produk yang dimaksud di pasar. Pihak Microsoft sendiri (Indonesia) tampaknya kurang memahami produk yang dimaksud sehingga tidak bisa memberikan informasi yang memuaskan. Ketika mitra penjualannya dihubungi, mereka juga kurang mengerti. Untuk itu, jika anda kebetulan sedang mencari produk yang dimaksud, cobalah menyimak tata cara melakukan pembelian di http://msdn2.microsoft.com/en-us/vstudio/aa700832.aspx.

Di Indonesia, Anda bisa menghubungi:
62 21 5155151 (Toll free in Jakarta)
0 800 120 1201 (Toll free outside Jakarta)
001803 8529432 (Toll)
(Fax: (65) 63246181)
Email: msscsea@microsoft.com

Semoga berhasil mendapatkannya.

Memformat Text Box dalam RTF

Jika Anda sudah terbiasa dengan Microsoft Access, hadirnya Access 2007 dengan segala perubahannya tentu akan membuat Anda sedikit kaget. Di balik ketampanan visualnya, Anda justru menjadi kikuk untuk menemukan kembali perintah-perintah yang biasa Anda gunakan. No menu bar, no toll bar!
Tetapi mudah juga untuk membiasakan diri dengan Access yang baru bukan?
Nah, untuk Anda yang terlanjur alergi dengan perubahan pada Access dan belum ingin mencoba Access 2007, ini ada sedikit iming-iming :)

Pada Access 2007, di samping seabrek teknologi baru yang diimpelementasikan, ada sebuah keasikan ketika kita bisa memformat isi text box dalam Rich Text Format (RTF). Ya, anda bisa membuat huruf miring, tebal, bergaris bawah, berwarna, membuat bulleted list, dan lain sebagainya.

Text box yang bisa diformat dalam RTF adalah text box yang unbound, bound ke sebuah ekspresi, atau bound ke sebuah field Memo. Syaratnya, pada field Memo tersebut, aturlah properti Format ke "Rich Text" (pada Table Design).

Oya, tahukah Anda bagaimana data disimpan? Hehehe.. ternyata dalam HTML :0

Comments From Users When Joining Groups

Bisa dikatakan setiap hari saya meng-approved anggota baru milis/group Belajar-Access (belajar-access@yahoogroups.com). Milis ini sangat digemari, dan setiap ada kesempatan saya selalu mengarahkan peminat Access untuk bergabung ke milis belajar-access.

Saya sendiri membuat milis-access@yahoogroups.com, namun saya cenderung mengarahkan rekan peminat Access untuk bergabung ke belajar-access@yahoogroups.com karena di belajar-access anggota sudah banyak dan "master" yang aktif menjawab juga banyak. Moderatornya juga ada 3 orang, sehingga pekerjaan administrasi tidak tergantung pada seorang moderator.

Yang menarik dalam meng-approved anggota baru adalah comments yang dicantumkan. Dulu saya suka meng-approved lalu menghapus email approvalnya. Namun belakangan ini saya coba mengkoleksinya agar saya tidak kehilangan comments yang unik dan cukup lucu-lucu :)

Berikut ini saya cantumkan (copy-paste) beberapa comments yang terakhir, tentu tanpa menyebutkan identitasnya. Bagi yang merasa comments tersebut miliknya, jangan marah ya, Anda tentu juga merasa bahwa ini cukup lucu untuk dikenang.

Terus terang, saya kalau meng-approved anggota baru akan melihat comments-nya, baru melihat alamat emailnya. Jika comments-nya sudah tidak bersahabat, saya biasanya mengabaikannya. Comments yang bersahaja, mencerminkan kesungguhan ingin belajar, akan segera saya approved. Hal ini saya lakukan juga untuk milis/group-group yang lain yang saya moderatori.

OK, mari kita simak comments berikut ini:

"SEMOGA ACCESS DAPAT MENJADI PROGRAM YANG TERBAIK DI MASA DEPAN"

"I work at the school, Ineed ms access for my admin"

"ikut gabung yah..."

"saya ingin Menemukan Teman Baru,,
Dengan Begitu saya dapat memperoleh informasi ttg access .
i want be the one who can Microsoft Access"

"Yth Mod. Belajar Access
Saya ingin bergabung dalam milis ini. Dalam kerjaan, saya menggunakan MS
Access, jadi ingin lebih banyak belajar.
Trims"

"Sangat Bagus"

"I wanna build a dbase use access, need some help"

"i want to learn how to use ms access"

"akhirnya sempet juga sendmail ke grup ini - mau join baru kesampaian -
accept ya!"

"Dear All,
Salam kenal,
Izinkan saya untuk ikut bergabung dan
bertukar info di milis ini.
Rgds,
Nino"

"Very Helpful Group"

"Saya ingin belajar menggunakan aplikasi Microsoft Access"

"i want learn ...learn and learn"

"hallo new member nih..., mohon bantuan senior-senior... he..he..he..
salam-"

"i like to learn access prgram"

"Kulo nuwun Pak ..
Saya Team EDP Bank Pasar Klaten, tapi selalu buat aplikasi dengan
access,...
Saat ini saya udah buat buanyak aplikasi dengan access antara lain :
..amin as wr wb dari jogja"

"i like access programing and will to share to comunity access"

Buku: Access Security


Judul: Kupas Tuntas Microsoft Access Security
Penulis: Haer Talib
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2007

Buku ini membahas secara lengkap dan tuntas berbagai aspek keamanan pada Microsoft Access, mulai dari Database Password, penerapan User-Level Security, strategi WIF Developer, aneka teknik proteksi program, pembuatan sistem login dan penentuan hak pemakai, teknik merekam aktivitas pemakai, menjejak perubahan data, proteksi program shareware, hingga berbagai isu seputar keamanan Access.

Buku: Access Project


Judul: Membuat Access Project dengan Database SQL Server
Penulis: Haer Talib
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2005

Membahas bagaimana langkah-langkah pembuatan program aplikasi dengan Microsoft Access 2003 dengan database SQL Server 2000.

Termasuk:
  • Tata cara memasang SQL Server edisi Desktop Engine (gratis) sehingga bisa dipakai pada komputer non-server.
  • Langkah-langkah pembuatan program aplikasi secara lengkap dari awal hingga akhir, dilengkapi berbagai tip & trik pemrograman.
  • Tata cara membuat paket distribusi (Setup) sehingga program yang dibuat dapat diinstal secara otomatis dan dijalankan tanpa memerlukan Microsoft Access.

Buku: Kuitansi & Invoice


Judul: Aplikasi Kuitansi & Invoice dengan Microsoft Access 2002
Penulis: Haer Talib
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2003

Buku membahas tata cara pemakaian dan pembuatan program aplikasi kecil dan sederhana dengan Microsoft Access 2002, yaitu program untuk membuat/mencetak kuitansi dan invoice untuk keperluan sehari-hari (baik untuk kantor maupun untuk pribadi).

Buku dilengkapi dengan CD berisi program yang sudah siap digunakan. Tata cara pemakaian program tersedia lengkap dalam buku.

Buku (dan CD) juga memuat source code/design lengkap bagaimana membuat program. Dengan buku ini, pemakai Access atau pemrogram pemula dapat berlatih membuat program aplikasi dengan Access 2002.

Buku: Database Relasi


Judul: Aplikasi Database Relasi dengan Microsoft Access 2002
Penulis: Haer Talib
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun: 2003

Buku ini membahas tata cara pembuatan program aplikasi menggunakan Microsoft Access 2002, mulai dari mendisain table, query, form, report, macro, sampai membuat menu. Program aplikasi yang dibahas adalah program untuk menyimpan data kontak (contact management), seperti halnya program buku alamat (address book). Namun demikian, program yang dibahas di sini sudah lebih disempurnakan sehingga memiliki fungsi lengkap untuk mengelola data kontak (relasi), seperti pencarian, penyaringan data, pencetakan daftar relasi, pencetakan label surat (mailing label), ekspor data ke Excel, Mail Merge dengan Word, sampai penampilan daftar relasi yang berulang tahun.

Keistimewaan buku ini antara lain:
  • Membahas tata cara pembuatan program aplikasi secara utuh dari awal sampai akhir, sehingga pembaca bisa belajar membuat program dengan melakukannya (learning by doing).
  • Program yang dibahas adalah program lengkap dan siap digunakan.
  • Tersedia juga petunjuk pemakaian Program Database Relasi sebagai petunjuk praktis bagi yang ingin langsung menggunakan program.
  • Program Database Relasi yang dibahas tersedia dalam CD yang menyertai buku.