KOPDAR Access 2010 ("Access Workshop")

Terus-terang, acara KOPDAR Access kemarin (Minggu, 25 April 2010) di tempat bang Andi (Kota Harapan Indah, Bekasi) sangat sukses. Agenda acara sudah disusun dan ada MC yang memandu acara. Peserta semua semangat dan konsentrasi hingga saat terakhir. Benar-benar seperti menyantap bubur ayam pualing uenak sejagat... jadi benar-benar sampai habizz..

Sesuai skedul, acara dimulai jam 9, yaitu registrasi. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan.. ya sambil menunggu yang lain muncul. Peserta nomor 1 yang hadir mendapat 'door prize' (hehehe), tiada lain adalah bang Aksan Kurdin, sang moderator group belajar-access.

Jumlah peserta yang hadir 16 orang, tidak seluruh yang mendaftarkan diri (22 orang) hadir. Bang Arief Noorshiam dari Surabaya mendapat menghargaan khusus karena merupakan peserta paling jauh yang datang, serta dua orang peserta dari milis MUGI, yaitu bang Habib dan Non Vera.

Setelah perkenalan dan penyampaian kesan dan pesan, acara dimulai dengan Demo Program oleh bang Haer, yang menunjukkan tip dan trik proteksi program shareware. Selanjutnya adalah presentasi dari bang Lusky tentang tip dan trik membuat tampilan menu program.

Sebelum acara ISHOMA, disempatkan untuk foto bersama terlebih dahulu. Maklum, kesempatan kumpul-kumpul ini sangat jarang, dan agar peserta masih lengkap, ya foto-foto dulu...

Selanjutnya sambil menikmati hidangan makan siang yang disediakan bang Andi (waduh terima kasih banyak bang, menu makan siangnya top abiz), diskusi informal berlangsung cukup seru.

Setelah sholat Dhuhur, acara dilanjutkan langsung dengan "Dokter Access". Di sini yang bertugas sebagai "dokter" adalah bang Aksan dan bang Edy (MBA). Case yang dibawa adalah dari bang Darsono. Namun demikian, diskusi akhirnya membentuk kelompok sendiri-sendiri, karena bang Karno juga masih membawa case printernya, dan bang Nursiham membawa case update MySQL. Suasana menjadi sangat dinamis dan jauh dari membuat ngantuk (padahal umumnya kalau habis ISHOMA tradisinya ngantuk :). Pemandangannya benar-benar seperti sebuah "workshop", dan inilah yang kita harapkan dari sebuah KOPDAR Access. Kopdar yang "bekerja" bukan hanya "mendengar", sehingga manfaatnya bagi masing-masing peserta yang sudah mengusahakan datang terasa.

Sesi terakhir sebelum bubaran (sesi Dokter Access benar-benar harus dibatasi dengan waktu, karena urusan 'ngoprek' memang suka lupa waktu) adalah penyampaian kesan-kesan lagi. Di sinilah kita mengukur keberhasilan sebuah kopdar secara langsung dan terbuka, dan semua peserta menyatakan mendapatkan manfaat, paling tidak terinspirasi, setelah mengikuti kopdar ini.

Rencana kopdar selanjutnya akan diadakan setelah kantor bang Andi yang di Kelapa Gading selesai direnovasi. Di sana nanti komunitas Access di Indonesia bisa kumpul-kumpul lebih sering, dan kalau bisa berbentuk workshop sehingga lebih terasa lagi manfaatnya.

Salam Access selalu...

4 komentar:

aksan kurdin mengatakan...

terima kasih door prize-nya bang :)

harapan saya semoga workshop seperti sesi dokter access kemarin bisa segera berjalan, dan topiknya bisa meluas tidak access saja.

Sukarno mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
suka mengatakan...

Mantab...
Kopdar Access 2010

Karena sudah ada dokternya, saya daftar jadi Pasien No 01 ya...
(siapa tau yang register pertama dapat door prize...)

NuritaWebster mengatakan...

mas, saya mau minta dibuatin aplikasi nih, btuh banget pliss ya. e-mail : juandiwebster@gmail.com