Mengapa Harus Ikut Training

Belajar Microsoft Access tentu saja bisa dilakukan sendiri. Microsoft Access cukup sederhana dan mudah. Apalagi ada banyak buku dan ebook yang gratis. Banyak juga tutorial yang sudah ditulis orang dan dishare melalui internet. Ada juga tempat bertanya dan berdiskusi yang setiap hari ramai. Lalu mengapa masih perlu ikut kursus atau training yang notabene berbayar?

Belajar sendiri atau otodidak sudah dilakukan orang sejak dulu. Salah satu kelemahannya adalah kita tidak mendapatkan petunjuk yang praktis secara langsung dari orang yang sudah menguasai. Hal inilah yang menyebabkan belajar sendiri menjadi sangat lama, yang berarti membuang waktu untuk berputar-putar menemukan sendiri. Jika kita menemui kesulitan atau kebuntuan, bertanya kepada orang lain membutuhkan waktu. Saya pernah mengajukan pertanyaan di sebuah forum, waktu itu saya sudah tidak menemukan petunjuk untuk mengatasi kesulitan itu sendiri. Saya menelusuri hampir tiap link yang memungkinkan dari mesin pencari, tetapi tidak ada pencerahan dari kesulitan saya. Tahu nggak berapa lama saya baru mendapat jawaban dari forum tersebut? Satu tahun!

Oleh karena itu, RumahAccess mencoba memberikan solusi dengan mengadakan pelatihan, seperti "Menguasai Microsoft Access 2010 Dalam Sehari", dengan menghadirkan bang Edy Wiyono selaku instruktur. Bang Edy, atau dikenal sebagai 'MBA' di milis belajar-access, adalah 'tukang-jawab' dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan anggota milis. Beliau adalah praktisi yang menggunakan Access dalam pekerjaan sehari-hari, jadi sudah menguasai betul penggunaan Microsoft Access. Ilmu yang diperolehnya secara getol (dalam belajar, menggunakan, dan mencari di web) ingin ditularkan kepada peserta.

Mengapa melalui sebuah pelatihan? Karena dengan pelatihan bisa diarahkan secara lebih sistematis. Mulai dari A sampai Z. Caranya adalah dengan memberitahu, lalu menunjukkan, lalu mengajak peserta langsung melakukan (praktek). Hal ini tidak bisa dilakukan melalui tulisan, apalagi tulisan terbatas melalui web.

Mengapa berbayar? Untuk mengadakan pelatihan, diperlukan biaya, terutama biaya tempat dan akomodasi.

Mengapa mahal? Ukuran mahal sebenarnya sangat relatif. Coba saja search berapa tarif pelatihan yang diadakan lembaga pelatihan atau kursus yang regular. Tetapi sepengetahuan saya, tarif yang dikenakan RumahAccess adalah untuk menutupi biaya pelaksanaan pelatihan. Dari pengalaman mengadakan pelatihan, jumlah peserta tidak cukup banyak, yaitu tadi, masih banyak orang yang mencoba belajar sendiri yang dinilai gratis. Jadi, nilai atau tarif biaya pelatihan adalah harga dari waktu, yaitu jumlah waktu yang dihemat dengan mendapatkan petunjuk belajar yang tepat.

So, silahkan menghargai waktu masing-masing. Jumlah waktu itu dibagi dengan biaya pelatihan. Itulah harga waktu anda.

Hidup cuman sekali, sebentar pula. Mengapa kita melewatkan waktu hanya untuk belajar Access?

Tidak ada komentar: