Membuat Access Project (1)

Oleh: Haer Talib

Access Project adalah sebuah tipe aplikasi Microsoft Access yang menggunakan database Microsoft SQL Server. Di sini Access digunakan sebagai tool untuk mengelola database dan/atau membuat aplikasi front-end (client application).

Dengan cara ini, “kelemahan” Access dalam hal database (penyimpanan dan pemrosesan data) sudah otomatis teratasi karena urusan database sudah ditangani oleh sistem database server berskala enterprise. Demikian pula dengan issue keamanan database, sudah teratasi oleh sistem SQL Server.

Mengapa pemakai Access tidak langsung menggunakan Access Project saja?
Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya:
1.      Pemakai memang hanya perlu database portable yang bisa dibuka dimana saja, dalam hal ini cukup menggunakan database Access.
2.      Pemakai tidak mempunyai instalasi SQL Server, baik pada lokal komputernya maupun pada database server.
3.      Pemakai tidak mengetahui bagaimana cara melakukan koneksi ke database SQL Server.
4.      Pemakai tidak mempunyai hak mengakses database SQL Server.

Jika Anda termasuk pemakai yang tidak menggunakan Access Project karena alasan kedua, Anda bisa mencoba menginstal sendiri sistem SQL Server pada kompuer lokal Anda, baik berupa komputer desktop maupun laptop. SQL Server mempunyai edisi ‘ringan’ yang bisa didownload dan dipasang pada komputer lokal (tidak harus komputer server). SQL Server edisi ini gratis, walaupun terbatas pemakaiannya (maksimum 5 concurrent users), namun engine-nya tetap bisa memproses database sebagaimana seharusnya sebuah database server.

Jika Anda termasuk pemakai yang tidak menggunakan Access Project karena alasan ketiga, Anda bisa belajar membuat Access Project. Wizard yang tersedia akan membantu Anda dalam membuat koneksi ke SQL Server dengan mudah, asalkan Anda mempunyai hak untuk melakukan koneksi tersebut.

Saya pernah menulis buku tentang Access Project ini, mudah-mudahan masih ada di toko-toko buku, atau Anda bisa langsung memesan ke penerbit secara online (cek: http://www.gapura.web.id/buku/mapsql.htm).

Di RumahAccess Indonesia juga tersedia pelatihan khusus untuk membuat aplikasi dengan Access Project (cek: http://www.rumahaccess.com/p/access-project.html).

(Bersambung)


Seri tulisan Access Project: 1 2 3 
 

7 komentar:

Afrizal / Herlina mengatakan...

Kang Haer : Info untuk beli buku ini dong... hub kemana kl ingin beli. thank

Cokro Fidian mengatakan...

iya, saya jg mau beli ^_^

achi mengatakan...

saya juga mau beli nih bang

Anonim mengatakan...

Siang Pak Haer,
Kalo buku itu sy sdh punya Pak, tp blm sempat dicoba cm buat koleksi sj.
Nantilah sy coba buatnya.
Sukses trainingnya ya Pak, sayang sy gak bisa ikut.

Salam,
Doi

cepwahyu mengatakan...

saya cari di gramedia bogor kok ga ada ya....dimana lagi ya yg ada?

Saehu mengatakan...

saya sudah cari2 digramedia bekasi (MM) belum ketemu sama buku ini. btw saya juga mau ikut training ms access project di rumah access, tapi pesertanya belum mencukupi! bila ada teman2 minat daftar ya. biar sy bisa cepat ikut traning.

Saehu mengatakan...

saya mau beli bukunya !! sdh cari2 belum ketemu. btw bila ada temans yg ingin ikut traning access project, ayo bareng sama saya.. dah daftar tapi peserta masih belum mencukupi..