Indonesia MS Access Community Gathering 2012

"Indonesia MS Access Community Gathering" adalah acara berkumpulnya para pemakai MS Access di Indonesia. Acara ini disebut juga "kopdar" atau "kopi darat" yang berarti pertemuan langsung di darat (offline meeting), sebagai kebalikan dari pertemuan online yang biasa dilakukan melalui milis, forum, dan media online lainnya di Internet. Acara yang dilakukan (secara besar-besaran) setahun sekali ini, kali ini, Kamis 19 April 2012, mengambil tempat di Auditorium PT Microsoft Indonesia, Gedung BEJ Tower II, Jakarta.

Sponsor


Community Gathering (CommGath) 2012 diselenggarakan oleh RumahAccess Indonesia yang dikomandani oleh Haer Talib, Access MVP. Acara ini didukung oleh PT Microsoft Indonesia yang menyediakan tempat, SEA (South-East Asia) MVP Program yang mendukung dana untuk akomodasi makan siang, Intacsindo, Erudeye, MUGI, dan AXIS yang menyediakan doorprize.

Materi dan Pembicara


Selain sebagai ajang untuk kumpul dan saling mengenal antara sesama komunitas pemakai MS Access, acara CommGath juga diisi dengan semacam seminar, sebagai media untuk sharing knowledge, sharing experince, dan update teknologi. Sebagai pembawa materi ditampilkan:

Haer Talib, Access MVP dan founder RumahAccess, membawakan materi: "Access to Online". Di sini dipaparkan berbagai cara menggunakan MS Access untuk keperluan online database.

Sony Setiawan, SharePoint MVP, ketua MUGI Nasional, membawakan materi: "Access to SharePoint". Di sini dibahas tentang apa itu SharePoint dan bagaimana menggunakannya dengan MS Access.

Sony Setyo Purnomo, CEO Erudeye, membawakan materi: "Access to Cloud". Di sini dibahas tentang bagaimana menggunakan MS Access pada cloud computing.

Andi Suhandi, CEO Intacsindo, membawakan materi: "Access to ERP". Di sini dibahas pemakaian MS Access untuk membuat aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning).

Edy Wiyono, Database Programmer, membawakan materi: "Access to MySQL". Di sini dibahas bagaimana menggunakan MS Access untuk mengelola database MySQL.




Peserta


Acara CommGath 2012 dihadiri oleh lebih dari 60 orang peserta (dari 100 undangan/pendaftar). Peserta berasal dari berbagai daerah, antara lain dari Denpasar, Surabaya, Klaten, Cilacap, Bandung, Purwakarta, dan tentu saja dari kawasan Jabodetabek-Banten.

Manfaat


Selain mendapatkan tambahan ilmu, inspirasi, atau solusi dari permasalahan yang dihadapi, nilai terpenting dari acara kumpul-kumpul ini adalah untuk meningkatkan tali silaturrahmi dan saling mengenal di antara sesama pemakai MS Access. Dengan mengenal secara langsung kita bisa meningkatkan hubungan persaudaraan dan saling berbagi dan membantu jika teman menghadapi permasalahan. Keakraban di antara anggota komunitas yang sudah bertemu semakin meningkat dan menjadi seperti saudara. Dengan keakraban seperti itu, begitu ada informasi akan ada kopdar, para anggota akan berusaha keras untuk hadir, hingga mau membayar ongkos sendiri melakukan perjalanan yang jauh dan meninggalkan pekerjaan rutin (karena dilaksanakan pada hari kerja).

Sampai Jumpa


Mudah-mudahan dengan CommGath 2012 ini kita mendapatkan manfaat, selain bertambahnya ilmu, juga bertambahnya saudara yang mengerti pekerjaan dan kegemaran kita. Sampai bertemu pada acara CommGath atau kopdar selanjutnya...



Alamat untuk melihat video:
- Video dari Wayan
- Video dari Opi

Alamat untuk melihat foto:

Alamat untuk mendownload file materi:
CommGath on SEA MVP Blog:
http://seamvpblogaholic.wordpress.com/2012/04/23/commgath-2012-jumpstart-with-access/

(CATATAN: Alamat-alamat di sini akan ditambahkan setelah tersedia)


3 komentar:

Anonim mengatakan...

alamat untuk donlot materinya koq nda ada ?? thx :)

andmoko mengatakan...

om powerpointnya gak bisa di download, di klik langsung gak bisa, klik kanan save link as juga gak bisa, mohon jalannya ya om buat belajar

Haer mengatakan...

Mungkin bisa dicoba download dari tempat lain. File tsb ditaruh di cloud sehingga mungkin diblok oleh proxy kantor.
Semoga berhasil.