Access Online

Oleh: Haer Talib, Access MVP

“Access Go Online” adalah tema yang diangkat ketika komunitas pemakai MS Access di Indonesia mengadakan kumpul-kumpul (Community Gathering), April 2012, di Auditorium PT Microsoft Indonesia, Jakarta.

Tema ini dilatarbelakangi oleh keinginan pemrogram Access untuk bisa mengakses database secara online. Tentu yang dimaksud di sini berkaitan dengan pemakaian Internet yang sudah memasyarakat, sehingga apa saja bisa dihubungkan dengan Internet, termasuk mengakses database. Di samping itu, muncul teknologi pembuatan aplikasi web dengan Microsoft Access, yaitu dengan meng-host database dan aplikasinya pada SharePoint Server.

Online Database

Sebenarnya, kalau ngomongin online database, sudah sejak lama database Access bisa diakses secara online, yaitu melalui jaringan komputer. Pengertian ‘online’ ini diperoleh dari Wikipedia, yang mengartikan “online” = “dalam jaringan” atau disingkat “daring”.

Prakteknya, pada perusahaan-perusahaan yang sudah menggunakan jaringan komputer, database umumnya disimpan pada komputer ‘server’, dan client mengaksesnya melalui program aplikasi yang disimpan pada komputer lokal (komputer client).

Microsoft Access juga bisa digunakan untuk mengakses dan mengelola database yang disimpan pada Database Server, seperti Microsoft SQL Server, Oracle, dan MySQL. Di kantor saya, kami menggunakan database MS SQL Server (salah satu database) yang servernya berada pada salah satu gedung di Jakarta (data center). Kami mengakses data antara lain menggunakan Microsoft Access, dan program aplikasi yang dijalankan users dibuat dengan Microsoft Access. Users tersebar di kota-kota besar di Indonesia, menggunakan program aplikasi yang sama. Jika users terkoneksi dengan jaringan kantor, maka dia akan bisa mengakses database (menggunakan program aplikasi, sesuai dengan permissionnya).

Macam-Macam Konsep Database Online

Konsep database online dengan Microsoft Access bisa kita bedakan ke dalam 6 macam:

  1. FE-BE (Front-End – Back End, disebut juga Client-Server)

Konsep ini menggunakan program aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Access di sisi client (FE) dan database MS Access di sisi ‘server’ (BE).
File database di sini diakses secara file-sharing. Bisa digunakan secara multiuser, namun semakin banyak user yang mengakses database pada waktu yang sama akan semakin menurunkan kinerja database.

  1. Access Project (ADP)

Konsep ini menggunakan program aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Access di sisi client dan database MS SQL Server di sisi server.
Oleh karena menggunakan database server, kinerja database untuk melayani multiuser sangat baik serta keamanan database lebih terjamin.

  1. Access via ODBC

Konsep ini menggunakan ODBC untuk konek ke database. Program aplikasi client dibuat dengan Microsoft Access, sedangkan database bisa menggunakan database apa saja, termasuk database server seperti Oracle dan MySQL.

  1. Remote Access

Konsep ini menggunakan teknologi remote desktop atau remote server, dimana program dan database yang dibuat dengan Microsoft Access dijalankan secara remote dari komputer client. Databasenya bisa saja database Access, bisa juga menggunakan database server.

  1. Web Application

Pada konsep ini, aplikasi web dibuat dengan Microsoft Access, lalu di-hosting pada server SharePoint menggunakan Access Services. Front-End dibuka dengan browser web, sedangkan database menggunakan SharePoint List.
“Kesulitan” menggunakan konsep ini adalah karena database harus hosting pada server SharePoint (tidak semua server hosting bisa), dan di sisi pembuatan aplikasi kita tidak bisa menggunakan VBA.

  1. Access Application Within Browser

Konsep ini memanfaatkan layanan di Internet (eqldata.com) yang dapat menjalankan aplikasi Microsoft Access melalui web browser. Aplikasi dan database yang kita buat di-upload terlebih dahulu ke server yang disediakan oleh penyedia layanan.

Nah, silahkan memilih cara yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan (dan kemampuan) Anda.


5 komentar:

Rudy Arfandy mengatakan...

Mau tanya, bisa ga acces di instal ke web server lokal??

Didy Zulfialdi mengatakan...

Salam,
Mohon bantuannya Pak, bagaimana ya untuk penulisan expressionny bila hasil yang kita dapatkan dengan melihat 2(dua) data field, tks

Djazz Tell mengatakan...

Artikelnya sangat bagus dan sangat dinanti..

Semoga sempat untuk menuliskan tutorialnya lebih rinci lagi untuk tiap metode online-nya.

Ditunggu artikel selanjutnya....

Bagi yang punya link untuk metode step by step online access minta bantu share informasinya
dengan me-reply comment ini atau dengan mengirimkan email ke dwi.jatmiko@haengsung.co.id

Terimakasih.

Pai Stitradenwijaya mengatakan...

mau tanya adakah yang jualan cd vidio tutorial Access lengkap sampe ke cara mengonlinkannya gak? kalo iya bisa kirim kontaknya ke yogagedangklutuk@gmail.com terima kasih

Djazz Tell mengatakan...

aplikasi saya sudah selesai dan jalan 1 tahun digunakan di jaringan intranet sharing folder.

jika ingin ditingkatkan agar bisa internet akses, bagaimana? mohon informasinya.