Belajar Dari Sumber Yang Dapat Dipercaya

Oleh: Haer Talib

SOAL belajar adalah soal MINAT! Jika anda berminat, dan minat tersebut kuat, maka anda akan berusaha maksimal untuk melakukannya. Jika anda berminat, namun minat itu kurang, maka usaha anda akan sedikit saja. Nggak pun nggak apa-apa. Hasilnya jelek pun nggak masalah.

“Boro-boro mau bayar, dikasih gratis pun malas”, kira-kira seperti itu istilahnya.

Fenomena lain dalam hal belajar adalah keinginan untuk instan dan mau yang langsung saja. Kalau dikasih dasar pemikiran, malas membacanya. Ujungnya, dari yang saya perhatikan, hasil belajarnya tidak maksimal! Kemampuan melakukan sesuatu, misalnya dalam menggunakan Microsoft Access, hanya seperti contoh tutorial yang didapat. Begitu ketemu masalah, tidak ada tutorial yang bisa membantunya lagi.

Tutorial

Kabanyakan artikel yang saya tulis memberikan dasar pemikiran, dan mendorong untuk terus belajar. Tutorial untuk melakukan sesuatu rasanya terlalu dangkal dan sayang waktunya jika kita membahas tutorial saja. Saya yakin, anda yang sering mengikuti langkah-langkah tutorial juga banyak yang tidak bisa menyelesaikan tutorialnya karena situasi real yang dihadapi ternyata berbeda dari langkah-langkah yang diberikan.

Hambatan Belajar

Ketika memberikan training, peserta yang melakukan langkah-langkah yang saya contohkan secara langsung saja kadang menemui hambatan. Kenapa? Ya karena sikon pada komputernya berbeda dari yang saya tunjukkan, atau dia missed melakukan sesuatu langkah sebagaimana mestinya. Untungnya masih dalam kelas training jadi saya bisa langsung membantu dan menunjukkan dimana problemnya. Saya bahkan berpesan agar peserta melakukan kesalahan, karena dengan hambatan yang dihadapi, saya bisa menunjukkan apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

Saya tidak menyalahkan penyedia tutorial karena itu sebenarnya salah satu cara mulia untuk berbagi ilmu. Namun sayangnya, tutorial di Internet banyak yang instan dan ‘asal’ saja, asal ada konten untuk SEO websitenya (berharap iklannya banyak yang lihat, namun karena dilihat doang nggak diklik jadi ya nggak dapat rupiahnya juga :P). Tutorial yang instan ini, yang tidak mempertimbangkan variasi situasi yang dihadapi usernya, bisa menjadi hanya teks tutorial saja alias tidak bermanfaat. Selain itu, penulisnya juga tidak memilihkan topik yang cukup berarti sehingga upaya belajar menjadi sedikit manfaatnya.

Temukan Sumber Belajar Yang Tepat

Kembali ke soal minat belajar, jika anda memang berminat belajar, temukan sumber belajar yang cukup berarti dan bisa dipercaya, jangan senang mudahnya saja. Waktu dan upaya belajar yang sudah anda sediakan hendaknya memberikan anda ilmu yang cukup berarti, karena dengan itu ‘biaya’ belajar anda menjadi tidak sia-sia dan akhirnya memberikan ‘kembalian’ yang berlipat ganda bagi anda.

Semoga dapat dipahami.

Tidak ada komentar: