MENJALANKAN APLIKASI ACCESS TANPA MS ACCESS?

Haer Talib (MS Access Developer)
Oleh: Haer Talib (www.HaerTalib.com)

  1. “Saya tidak punya MS Access di komputer, bagaimana saya menjalankan aplikasi Access?”
  2. “Saya tidak mau menggunakan aplikasi Access, karena saya tidak mau membeli software MS Access.”
  3. “MS Access saya versi 2007, jadi tidak bisa menjalankan aplikasi Access yang dibuat dengan versi yang baru.”

Semua pertanyaan dan pernyataan di atas benar, namun jika anda mengetahui triknya maka anda akan bisa menjalan aplikasi yang dibuat dengan MS Access.

BEDA VERSI


Saya akan memulai dengan pernyataan ketiga.

Memang benar MS Access versi yang lebih lama tidak bisa membuka atau menjalankan aplikasi yang dibuat dengan MS Access versi yang lebih baru. Access 2007 tidak bisa membuka/menjalankan aplikasi yang dibuat dengan Access 2010, paling tidak akan muncul error atau ada yang tidak bisa dijalankan.

Aturannya: aplikasi yang dibuat dengan MS Access versi lama bisa dibuka atau dijalankan pada MS Access yang lebih baru, dan tidak bisa sebaliknya.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan memasang MS Access versi yang sesuai (atau yang baru). “Saya tidak mempunyai atau tidak ingin membeli MS Access yang baru”. Jika demikian, pasang saja MS Access yang baru, namun versi Runtime. MS Access versi Runtime ini LEGAL dan GRATIS. Silahkan Download di RumahAccess.com.

Download di RumahAccess.com
Gambar 1. Halaman DOWNLOAD di situs RumaAccess.com


Download MS Access Runtime
Gambar 2. Access Runtime di Halaman Download

Setelah anda mengunduh versi Access Runtime yang dibutuhkan, lakukan instalasi seperti biasa.

Perlu diketahui bahwa kita bisa menginstall MS Access berbeda versi secara bersamaan dalam sebuah komputer. Jika diminta memilih opsi upgrade atau semacamnya, pilihlah untuk melakukan instalasi tersendiri.

Oleh karena di dalam komputer terdapat lebih dari satu MS Access, maka ketika anda mendouble-click file Access, salah satu versi akan dijalankan (versi ini yang terasosiasi dengan file Access, anda bisa mengubah asosiasi file melalui Windows). Jika versi Access yang dijalankan bukan yang anda kehendaki, maka jangan melakukan double-click untuk menjalankan file Access, tapi klik-kanan lalu pilih “Open With”.

Salah satu “konsekwensi” memiliki beberapa versi MS Access secara bersamaan di dalam komputer adalah: ketika anda menjalankan versi yang berbeda dari yang terakhir dijalankan, maka MS Access akan melakukan konfigurasi ulang. Jadi ada proses menunggu sebentar sebelum MS Access berjalan.

LAKUKAN UPDATE


“Saya tidak ingin memasang lebih dari satu Access, bikin bingung!”

Baiklah. Minta developer aplikasi untuk membuat aplikasi sesuai dengan versi MS Access yang anda miliki. “Developer bilang aplikasinya dibuat dengan versi 2007 kok. Kenapa tidak bisa saya buka dengan MS Access 2007 saya?”

Perlu diketahui bahwa Microsoft selalu menyediakan update atau patch atau semacam itu untuk semua produknya, termasuk MS Access. Kemungkinan MS Access yang digunakan oleh developer aplikasi sudah terupdate sedangkan MS Access yang anda gunakan belum diupdate (walaupun versinya sama). Untuk kasus ini, cobalah anda melakukan update MS Access anda.

Caranya, pada MS Access 2007: Klik tombol Office, klik “Access Options”. Pada Access Options, klik tombol “Resources”, lalu klik tombol “Check for Updates”. Tentu prosedur ini memerlukan koneksi Internet karena update akan diunduh dari situsnya Microsoft.

Mengupdate MS Access 2017
Gambar 3. Melakukan Update pada MS Access 2007

Pada MS Access 2010: klik File, Help. Klik “Check for Updates”

Mengupdate MS Access 2010
Gambar 4. Melakukan Update pada MS Access 2010

Untuk MS Access versi yang lain, caranya hampir sama.

MENGGUNAKAN MS ACCESS RUNTIME


Pada bagian awal telah dibahas tentang penggunaan MS Access versi Runtime. Cara ini sekaligus menjawab pertanyaan pertama dan pernyataan kedua. Jika anda tidak mempunyai MS Access dan tidak ingin membeli software MS Access, anda tetap bisa menjalankan aplikasi Access menggunakan MS Access versi Runtime. Versi Runtime ini disediakan oleh Microsoft secara gratis. Link download yang kami sediakan di RumahAccess.com hanya untuk memudahkan anda melakukan download di situs Microsoft.

“Jadi, tetap harus menggunakan MS Access?”
Yes! Untuk menjalankan aplikasi yang dibuat dengan MS Access, anda tetap harus menggunakan software MS Access, walaupun berupa Runtime version.

“Jika bisa menggunakan Runtime version yang gratis, ngapain beli atau pakai yang berbayar?”
MS Access Runtime hanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi atau membuka file database, tidak bisa digunakan untuk membuat database (table, query, dll.). Pada MS Access Runtime, tidak bisa Create dan Design.

“Apakah harus ada (menggunakan) MS Access untuk membuka file database?”
File data (database) yang berekstensi .mdb, .mde, .accdb, .accde tidak harus dibuka dengan MS Access. Anda bisa mengkases data yang dikandungnya, misalnya menggunakan MS Excel, atau menggunakan program aplikasi yang dibuat dengan Visual Basic, PHP, dan sebagainya. Tentunya, program yang mengakses file database tersebut menggunakan jalur koneksi seperti ODBC. Di sini, kedudukan MS Access sama dengan yang lainnya, yaitu sebagai tools untuk mengakses data. Bedanya, jika menggunakan MS Access, kita lebih mudah dalam mengakses dan mengelola data karena MS Access memang software khusus untuk database.

Semoga tulisan ini sedikit mencerahkan.
Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan comment.


Tidak ada komentar: