WAG Access Community & Online Meeting

Saat ini Komunitas Access Indonesia yang tergabung dalam WhatsApp Group (WAG) Access Community sudah mencapai 123 orang. Selain posting pertanyaan dan jawaban seputar Access, ada juga posting OOT. Maklum, WAG ini berisi komunitas. Namun ada satu rule yang selalu dipertahankan oleh Admin, yaitu jangan sampai posting OOT ini terlalu banyak, apalagi yang berbentuk ‘sharing viral’ yang biasanya memenuhi WAG-WAG komunitas. No way, anggota yang posting bisa langsung dikeluarkan oleh Admin. Hal ini dilakukan agar WAG Access Comm cukup ‘steril’ dari pro-kontra dan anggota tidak menjadi bosan hingga meninggalkan group (left).

Bagi teman yang belum bergabung, silahkan bergabung dengan klik tautan ini https://bit.ly/wag-access2 (klik di HP dan buka dengan aplikasi WhatsApp).

Pada kesempatan ini saya ingin membagi saran agar anggota group tidak bosan dan mengambil manfaat dari group ini:

  1. Ingatlah, group ini berisi komunitas Access, yaitu teman-teman sendiri yang diikat oleh minat yang sama terhadap Microsoft Access. Teman-teman ini tempat kita meminta saran atau bantuan ketika kita menghadapi kesulitan, bahkan dari pertemanan ini meningkat menjadi persaudaraan yang akrab sehingga bertemu secara langsung (kopi darat/kopdar), berhubungan secara pribadi (jalur pribadi/japri), dan saling memberi hadiah.
  2. Usahakan mengikuti diskusi dalam group (sempatkan untuk membaca) sehingga kita mengetahui apa topik yang sedang dibahas. Jika sedang tidak sempat, baca diskusi yang terakhir saja sebelum menghapus isi chat.
  3. Sesekali ikut berkomentar, mengajukan pertanyaan, atau memberikan pendapat atau jawaban atas pertanyaan.
  4. WAG ini tergolong group komunitas teknis, jadi pertanyaan atau postingan sebaiknya yang terkait dengan Access secara teknis. Bertanyalah apa saja yang terkait dengan Access atau komunitas, tidak perlu malu karena “nubie” atau kurang mengerti Access, justru di group inilah teman akan mendapatkan bantuan dalam belajar. Pertanyaan pun tidak harus yang belum pernah ditanyakan (karena kita tidak tahu apakah pertanyaan itu sudah pernah ditanyakan atau belum).
  5. Jika memberikan saran atau jawaban, tidak perlu menggurui, karena anggota yang baca mungkin saja lebih tahu dari kita, hanya tidak mau pamer saja.
  6. Kalau diskusi sudah OOT, jangan terlalu banyak, karena akan membosankan, dan anggota yang ‘silent’ bisa tiba-tiba keluar karena diskusi yang ada bukan yang ia harapkan dari bergabung dalam group ini.
  7. Selalu menjaga sikap saling menghargai, kalau bercanda jangan kelewatan, apalagi menggunakan sticker-sticker yang ‘kurang adab’.
  8. Group ini sering mengadakan online meeting, baik untuk membahas sebuah topik maupun belajar online (kita sebut kelon alias kelas online). Sesekali ikutlah bergabung agar bisa saling mengenal dan mengikuti pembahasan yang diberikan. Aplikasi yang kita gunakan adalah LARK (menjadi pilihan bersama setelah mencoba aplikasi-aplikasi online meeting lainnya).

Salah satu sesi online meeting komunitas Access
 

Mungkin itu saja yang sempat saya ingat sekarang, silahkan teman-teman menambahkan atau mengoreksi jika apa yang saya sampaikan ada yang salah atau kurang tepat.

Salam Access!

3 komentar:

Farif mengatakan...

Udah 2 tahunan aq gabung di WAG rumah access. Setiap kali ada masalah di access selalu dapet solusi di WA groupnya bang Haer... 😁

masimam berbagi mengatakan...

Solusi yang diberikan bang Haer cespleng.... dan senior2 di group sangat antusias memberikan solusi tanpa membedakan kasta... semoga selalu banyak rejeki dan uangnya semua rekan di WAG Access Community

Pengembang Program Aplikasi Komputer mengatakan...

Setelah bergabung dengan WAG Access Community ini, pengetahuan saya tentang Ms. Access semakin bertambah. Banyak mendapat bimbingan dan solusi jika ada kesulitan, para Master Access selalu siap membantu.
Terima kasih untuk semuanya, terutama kepada Bang H. Haer Talib sebagai founder Grup.