KURSUS: Belajar Access Online untuk Pemula (1)

 

KURSUS ONLINE

Masa pandemi covid-19 membuat kegiatan training di RumahAccess vakum hampir 2 tahun. Oleh karena permintaan training terus masuk, kami kemudian meramu cara dan materi agar bisa melaksanakan pelatihan secara online. Training yang biasanya dilakasanakan secara full day (8 jam) kini dipecah menjadi "belajar setiap hari" selama sepekan (5 hari kerja), mulai hari Senin s/d hari Jum'at, di malam hari (jam 20:00 - 22:00 WIB). Oleh karena itu kita menyebut program pelatihan ini sebagai "KURSUS" (karena dilaksanakan secara bersambung/kontinyu).

Metode "Kursus Online" memang mempunyai kelemahan karena trainer tidak bisa melihat langsung latihan yang dilakukan oleh peserta (sehingga tidak bisa langsung memberikan bimbingan), namun juga mempunyai keunggulan, antara lain: (1) Peserta tidak perlu hadir di tempat kursus (di Jakarta), (2) Waktu yang dipecah menjadi 5 hari memberi kesempatan peserta untuk mencoba berlatih sendiri sehingga ketika pertemuan berlangsung bisa bertanya atau menceritakan kesulitannya.

Metode "Kursus Online" yang digunakan RumahAccess masih memungkinkan untuk memberikan bantuan kepada peserta dengan cara "share screen" dari peserta, dan trainer bisa membantu melalui screen tersebut, atau melakukan remote ke komputer peserta.

Di samping itu, karena trainer cukup berpengalaman dan menguasai materi, proses pelatihan ini in syaa Allah bisa berlangsung dengan kondusif sehingga peserta mengerti dan mampu melaksanakan latihan (praktek) yang diberikan.

 

UNTUK PEMULA

Kursus Online yang digelar kali ini ditujukan untuk "Peserta Pemula" yang baru belajar Access. Dengan mengikuti kursus ini peserta akan diajarkan pengetahuan dasar tentang Access dan pembuatan program aplikasi. Latihan yang diberikan ditujukan agar peserta bisa mulai membuat program aplikasi dengan Access.

Kursus ini tidak sama dengan membaca buku, karena peserta akan melihat langsung "caranya". Banyak cara yang tidak bisa diungkapkan dengan tulisan. Dengan demikian, proses belajar melalui kursus ini menjadi lebih cepat dan terarah.

Selain itu, mengikuti kursus ini tidak sama dengan menonton video tutorial, karena ada interaksi langsung peserta dengan trainer. Oleh karena program ini berbentuk "kursus" maka materi yang diberikan juga sudah diramu untuk mencapai tujuan agar peserta mampu membuat aplikasi sendiri dengan Access.

 

PERAN TRAINER

Hal lain yang tidak kurang penting adalah kemampuan trainer yang menguasai materi sehingga bisa menunjukkan mana hal yang perlu diketahui (karena tidak semua perlu dipelajari). Hal inilah yang membedakan antara belajar melalui kursus ini dengan yang biasa, sehingga bisa memberikan akselerasi (percepatan) dalam belajar. Jika belajar sendiri, banyak orang akhirnya membuang waktunya yang berharga karena tidak mengetahui atau mendapatkan petunjuk dan tuntunan dari orang yang sudah berpengalaman.


MENGAPA ACCESS

Access adalah sebuah tool dari Microsoft untuk membuat program aplikasi database. Access sangat terkenal karena kemudahannya, serta telah dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat program aplikasi, serta mempunyai sistem database sendiri.

Saat ini mungkin anda sudah membutuhkan Access jika ingin menyimpan dan mengelola data, serta untuk membuat program aplikasi untuk mengotomatiskan pekerjaan yang rutin, misalnya aplikasi penjualan untuk toko, aplikasi inventory control, aplikasi payroll, dan sebagainya. Access bahkan bisa menjadi Front End untuk sistem database server seperti SQL Server, MySQL, dan Oracle.


TENTANG KURSUS ONLINE INI

Kursus Online kali ini digelar tanggal 18 s/d 22 Oktober 2021, setiap hari jam 20:00 - 22:00 WIB via aplikasi LARK. Trainer: HAER TALIB (www.HaerTalib.com), adalah seorang Access Developer dan penulis buku-buku Access yang mendapatkan award sebagai Access MVP dari Microsoft sebanyak 9 kali.

Investasi: Rp 698.000,-

Pendaftaran via WA ke: +62 813-2002-0935


SYARAT PESERTA

 


 Ayo segera DAFTAR! Jangan kehilangan kesempatan ini.

Untuk 5 pendaftar pertama akan mendapat Voucher Diskon yang bisa digunakan ketika mendaftar Kursus Online yang lain di RumahAccess.


Tidak ada komentar: