TRAINING: BELAJAR DARI MASTER (Session 1)

 

SETELAH sekian lama pelaksanaan training di RumahAccess vakum karena situasi pandemi covid-19, kini RumahAccess mulai membuat gebrakan dengan menggelar "KURSUS ONLINE" dengan tema "SINGKAT-TEPAT-JELAS" (STJ). Dinamakan "Kursus" karena akan dilaksanakan secara kontinyu selama 5 hari, mulai hari Senin hingga hari Jum'at. Pada Sesi 1 ini in syaa Allah akan diadakan tanggal 25 s/d 29 Oktober 2021, jam 15:30 s/d 17:30 WIB (setiap hari).

Topik yang dibahas adalah "Pembuatan Aplikasi PENJUALAN".

Dipilihnya topik ini karena paling banyak diminati/dibuat, serta memiliki kompleksitas yang cukup tinggi sehingga peserta bisa belajar lebih banyak.

Tentu tidak mungkin membahas Aplikasi Penjualan secara lengkap unsur-unsurnya, karena waktu yang terbatas, namun dalam waktu 10 jam yang disediakan, peserta akan diajak membuat komponen Aplikasi PENJUALAN yang terdiri dari modul untuk mengelola data master dan modul transaksi. Dengan demikian peserta tinggal menerapkan cara yang sama untuk membuat modul-modul lain yang diperlukan.

Hal menarik dan fundamental di dalam pembuatan Aplikasi Penjualan adalah ketika kita membuat disain databasenya. Komponen-komponen yang diperlukan di sini akan dijelaskan semua.

Selanjutnya adalah bagaimana teknik dan trik membuat modul Master Barang sehingga memenuhi kebutuhan di dalam sebuah Aplikasi Penjualan. Untuk data master yang lain seperti Master Supplier dan Master Customer kemudian bisa dibuat seperti membuat modul Master Barang.

"Data Master Barang ini cukup tricky, kita tidak perlu membuatnya berlebihan, namun harus membuat yang memenuhi kebutuhan aplikasi Penjualan pada umumnya."

Selanjutnya akan dibahas bagaimana membuat modul transaksi penjualan. Di sini tentu akan digunakan teknik master-detail, sehingga peserta bisa belajar bagaimana membuat modul transaksi master-detail yang efektif dan efisien, serta user friendly.

Hal yang menarik di dalam modul transaksi penjualan adalah bagaimana membuat "Struk Penjualan" (Sales Slip) yang akan dicetak pada mini printer (cashier printer) yang menggunakan kertas roll.

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana membuat modul informasi penjualan, serta akhirnya laporan penjualan.

Sebuah modul tidak hanya melibatkan table-table penyimpan data, namun diperlukan juga query, form, dan report, serta tidak ketinggalan juga "sedikit" code programming menggunakan VBA untuk membantu modul tersebut berjalan sebagaimana seharusnya.

Dari bahasan-bahasan yang disebutkan di atas, tentu sudah dapat diketahui bahwa peserta kursus ini haruslah mereka yang sudah bisa (pernah) membuat program aplikasi dengan Access, atau dengan kata lain kursus STJ ini tidak diperuntukkan bagi pemula (pemula bisa mengikuti kursus yang lain yang juga akan disediakan).

"Apakah mereka yang sudah mahir (bisa) membuat program aplikasi perlu mengikuti kursus ini?"

Jawabannya adalah: YA!

Dengan mengikuti program pelatihan atau kursus kita bisa belajar dari orang lain, yang mungkin ada hal-hal yang masih belum kita dapatkan yang justru hal itulah yang kita perlukan!


Ayo segera daftar dengan menghubungi WA: +62 813-2002-0935 (kang Coyev). Dapatkan voucher diskon 25% bagi 5 orang pendaftar pertama yang bisa digunakan ketika mendaftar di sesi kursus yang lainnya.



Tidak ada komentar: